Monday 10 September 2012

Proaktif atau Reaktif ? Proaktif aja deh

Sering merasa terasingkan ? ga suka sama co yang cuek ? jangan salah kaprah, semua itu ada kebenarnya.Terkadang kita rasa aneh, seorang yang berkulit tidak terlalu putih atau bisa dikatakan memiliki fisik yang biasa - biasa saja mampu mendapatkan kekasih yang lebih cantik dan indah dibandingkan lelaki yang putih dan cakep.Ternyata perkara ini kerap terjadi di kalangan Mahasiswa, tidak sedikit wanita yang merasa tidak dipedulikan keberadaannya.Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sebenarnya wanita itu senang diperhatikan sewajarnya dan tidak suka lelaki yang cuek.Maka jadilah proaktif dan lelaki yang sejati.Lelaki yang mengerti perasaan wanita dan selalu ingin menjaga hatinya.


Steven Covey dalam bukunya, mengatakan bahwa jadi manusia haruslah proaktif tidak reaktif.Sikap reaktif ada di fikiran orang - orang yang gagal dalam memilih.Sederhananya ketika ditampar pasangan, Ia balik menampar.Seorang lelaki yang proaktif akan berfikir sejenak lalu terdiam untuk menenangkan hati dan suasana.Si proaktif selalu berfikir kedepan,visioner dan mencoba memprediksi karena proaktif merupakan tindakan inisiatif dan preventif sebelum menlakukan suatu tindakan.  
Dr.Victor E.Frank mengemukakan pada bukunya yang berjudul : Makna Hidup . Ia menggunakan istilah proaktif untuk menggambarkan seorang manusia yang menggambarkan hidupnya, daripada mencari penyebab diluar kendali.Ia pula menekankan kepentingan tekad,tanggung jawab,pribadi dan kesadaran akan adanya pilihan,dengan mengabaikan situasi atau konteksnya.
Dalam hidup Manusia senantiasa diberi KPK "Keinginan Pilihan Keputusan" - Abdurahman Yuri,Aa Deda.Memasuki fakultas tarbiyah itu pilihan.Keputusan hari itu merupakan hasil dari apa yang telah terencanakan 2 atau 5 tahun kebelakang.Di masa yang akan datang menjadi Guru atau Buisnismen pun merupakan rencana kita saat ini.Berkeinginan menikah dengan doi, Ia itu kan pilihan dan rencana sebenarnya kalian jalan tiap malam minggu.Kalau udah menikah tau deh mau jalan tiap malam minggu atau ga nya.Keputusan ada di tangan kita, Allah tengah memberikan daya manusia.Ingat firman dalam surat QS. Ar-Ra'du (13):11 Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu Kaum kecuali Kaum itu sendiri yang mengubah apa - apa pada diri mereka.
Keep Fight,