Friday 16 August 2013

Apa itu OPAK ? UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Welcome Mahasiswa Baru UIN, yang belum menyerahkan formulir OPAK jangan sampai tidak ya.Soal Pendaftaran, berkas, pembayaran mengenai OPAK 2013 dapat ditanyakan langsung dengan mention ke @OPAK213 . OK kita bicara soal OPAK. apa itu OPAK ?
OPAK itu adalah jenis makanan tradisional yg berasal dari bandung terbuat dari biji - bijian *jawaban salah lebay pula*

Opak adalah penganan (snek) kering renyah sejenis dengan kerupuk. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu garam, gula, dan bumbu penyedap.Opak dikenal pertama kali di Jawa Barat, terutama kawasan Priangan. Bahan dasar berupa tepung beras yang telah dibumbui dicampur dengan air sehingga berbentuk adonan lunak. Adonan ini kemudian diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis. Lembaran ini lalu dikeringkan. Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah. *itu jawaban yang bakal kamu dapat kalau nanya ke wikipedia*


Bagi Maba UIN Bandung, OPAK itu suatu acara perkenalan yang sangat berkesan.Karena disana semua berawal, bisa dibilang langkah awal mengenal Akademik UIN.Yang kalian bakal lakukan hanya duduk manis dan menonton.Hari pertama kalian akan mengikuti perkenalan Akademika UIN, Rektor, Pembantu rektor beserta jajaran yang lainnya akan menyampaikan beberapa kalimat sambutan nanti.Jangan sampai tidak hadir, karena Mahasiswa Baru akan dikukuhkan sebagai Mahasiswa UIN disana.Kalau mungkin di SMP pernah ikut demo ekstrakulikuler.Di perkuliahan kalian bakal liat namanya demo UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).UKM UIN tidak terlalu banyak seperti di Universitas lain, karena Kasubag bersama Rektor telah mengatur jumlah atau kuota UKM di UIN.
Perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa dimulai pagi hingga sore hari.Adanya di hari kedua dan ketiga OPAK. disana kaka tingkat kalian bakalan axis dan menampilkan ketrampilan mereka.Sesuai UKM yang mereka pilih di saat OPAK tahun kemarin.Ada yang ikut Seni Bela Diri, Pramuka, Seni Suara dan masih banyak yang lainnya.Jangan sampai ketinggalan melihat aksi mereka.
Setelah OPAK ada lagi Ospek lain, seperti ospek Fakultas dan Ospek Jurusan.Ingin tahu selebihnya ?
Lihat di posting berikutnya yaa