Saturday 5 December 2015

SYAHRU LUGHOH AJANG AKTUALISASI POTENSI KEBAHASAAN



Dalam rangka mengembangkan dan memperdalam  bahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati bermaksud menyelenggarakan kegiatan tahunan Syahrul Lughah -dalam bahasa Indonesia yang bermakna Bulan Bahasa- yang di dalamya terdapat berbagai macam rentetan acara (seminar internasional, perlombaan, dan pentas seni). Gagasan besar yang ingin dituangkan dalam acara ini adalah menyadarkan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab akan peran penting bahasa Arab dalam meraih kesusksesan di masa yang akan datang.

Adanya Syahrul Lughah diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperluas dan mengupdate pengetahuan mengenai dunia bahasa Arab serta menjadi ajang kreativitas bagi generasi muda penerus bangsa yang terus berkembang dan diharapkan dapat memberi kontribusi yang berarti bagi kelanjutan perkembangan seiring berjalannya waktu. Begitu pula tujuan penting dalam diselenggarakannya acara tahunan ini menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang dibanggakan oleh semua kalangan, sehingga bahasa Arab dapat merangkul semua lapisan masyarakat dalam satu ikatan dan tali persaudaraaan.

Pada bulan Oktober tahun ini, Syahrul Lughah mengusung tema “aktualisasi potensi kebahasaan upaya terwujudnya mahasiswa PBA yang unggul dan kompetitif” Tema ini diangkat agar kita dapat melihat bahasa Arab tidak hanya selalu dari aspek alat komunikasi melainkan mampu dijadikan sebuah perantara untuk meraih kesuksesan, dengan tema ini juga diharapkan mampu menggali potensi yang ada di dalam diri serta mendayagunakannya bagi berbagai macam kreativitas yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, menjadi kehormatan bagi kami untuk menjadikan Syahrul Lughah  sebagai pintu wawasan akan pentingnya potensi yang kita miliki.

Sasaran acara Syahrul Lughah tahun ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Berbagai perlombaan dan acara menarik telah dirangkai dan melibatkan semua kalangan diatas. Tujuannya agar dengan bahasa Arab pendidikan itu menjadi menarik, belajar itu menyenangkan dan memahami Islam itu memang indah.

Adapun perlombaan-perlombaan yang dilaksanakan dalam acara syahrul lughah ini adalah; Debat Bahasa Arab, Pop Arab, Taqdimul Qishah, Insya (Mengarang Berbahasa Arab), Mojang Jajaka, dan Pidato Bahasa Arab.

Acara Syahrul Lughah memiliki sebuah harapan besar bagi kemajuan bahasa Arab di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab khususnya maupun di kalangan seluruh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selain melestarikan seni dan budaya Islam di tanah air, dengan diselenggarakan acara ini semoga dapat menanamkan nilai-nilai moral kehidupan seperti toleransi, kerjasama, bertanggung-jawab, selalu bersyukur dan masih banyak nilai-nilai yang tak mampu untuk disebutkan satu persatu, yang nantinya nilai-nilai tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan kita semua di masa yang akan datang.


Redaktor: Oman Karya Syuhada
Layouter: Puji Fauziah