Sunday 16 March 2014

Wasiat akhir untuk para Wisudawan dan Wisudawati

Adkhala mudkala sidqi wa akhroja mukhroja sidqi. Dari sana kamu masuk dari sana pula lah kamu keluar. Sudah ditakdirkan Mahasiswa PBA memulai bahtera  akademika selama kurang lebih 4 tahun masuk dari Ma'had Bahasa keluarnya pun pada akhirnya di Ma'had Bahasa.tadi malam, 15 Maret 2014 PBA UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah selesai mengadakan pelepasan wisudawan dengan tema acara "Annajaahulyaumi in'ikaasun min masaa'i mutawasolah saabiqoh" yang artinya 'Kesuksesan hari ini adalah proyeksi/hasil usaha kita masa lalu'.
Wisudawan dan wisudawati bulan ini berjumlah 9 orang yang mereka terdiri dari angkatan 2009 dan 2010 adapun khususan ada pada angkatan 2009 yang mereka telah lulus terlebih dahulu dibanding dengan temannya karena mereka termasuk orang-orang yang lulus cepat hanya menyelesaikan S1 PBA dengan jangka waktu 3 setengah tahun. Ketiga orang ini pernah mengabdi di Ma'had bahasa mereka adalah Na'ih,Fatwa dan Ahmad Zaini dahlan.Tat kala teman seangkatannya mayoritas sedang KKM beberapa minggu lagi kembali ke kampus, skripsi baru judul sementara 3 orang lulus tercepat.Kalian pun berpeluang jikalau KKM tematik masih ada.Atau KKM tidak hanya ada di semester 8.


Angkatan 2009 maupun 2010 yang baru lulus mendapat gelar S,pd.i . Mengapa PBA ini masuk kepada lulusan yang ada islamnya ? apa semua pendidikan bahasa masuk gelar Islam dibelakangnya ? 
pertama PBA masuk ke jurusan Tarbiyah, pendidikan umum ada di UIN yang istimewa itu Islamnya.Bahasa Arab mampu menggali pokok - pokok Islam modal bahasa sebagai kunci-kunci ilmu keislaman.Pendidikan Bahasa Inggris mengapa tidak ? padahal sama-sama bahasa, segi kurikulum tidak jauh beda.Disisi lain gelar Islam ini anugrah representasi penggalian agama Islam.Sebagai bukti kesuksesan, kesuksesan realisasi rangkaian perjuangan sebelumnya. Memang perjuangan tidak seberapa dibandingkan para ulama sebelumnya tapi patut disyukuri.
Bersyukurlah pertama kepada Allah SWT, sehingga apapun terjadi tak lepas dari kuasanya, sehingga alhamdulillah mendapat lulus tittle sarjana.Kedua kepada Kedua Orang Tua, mereka mendorong mendanai. Sebagi catatan baik, jeripayah Orang tua.Meskipun UIN itu Universitas termurah di Dunia. 900 hingga 600 ribu sesemester tapi kenapa ketika naik sedikit didemo minta ampun.UPI berapa ? UNPAD berapa sesemster ? kedokteran hingga ratusan juta. 1 juta 800 ribu murah bisa mendapat gelar sarjana.Berterima kasihlah pada Orang Tua dan Dosen.
Saya suka mengkritik di skripi ada tulisan 'ilaa man yu'allimu ma'na kesetiaan . . . .' Bobogohan ulah waka diasupkeun udah aja orang tua kalau ada persembahannya. Basa basi saja terkecuali sudah suami istri yang memang istimewa. ternyata tidak ada kesuksesan tanpa campur tangan orang lain.Berdoa tanpa sepengetahuan Orang yang kita doakan itu merupakan balasan kita sebagai tanda ucapan terima kasih - Pesan dan kesan Pak Aep saepurrohman M,Ag selaku Ketua Prodi Bahasa Arab  :
catatan baik kedepan, setelah lulus S1 bukanlah akhir dari segalanya, mungkin secara akademik Iya tapi kan kalau ingin melanjutkan masih ada S2.Dalam kontek mencari ilmu tak ada akhir "uthlubil ilma minal mahdi ilalahdi". sepanjang hayat masih dikandung badan Ilmu cakrawala masih luas.Apa yang didapat hari ini hanya secuil Seandainya lautan menjadi tinta untuk ilmu Allah.Air laut itu habis, ilmu tidak akan habis.Jika dibandingkan dengan lidi diatasnya ada air, lalu kita teteskan ke tanah segitulah adanya ilmu kita.Apa yang kita banggakan ? maka masih banyak ilmu yang dapat kita cari.Itu hanya sebagai modal saja belajar di Universitas hanya sebagian kecil saja. Kita berasal dari masyarakat kemabalinya pun ke Masyarakat. Lulus SD ,SMP aliah masih ada campur tangan Orang Tua tapi lulus Mahasiswa sudah mulai berbeda pola pikirnya bukan sebagai Mahasiswa lagi masih ada campur tangan orang tua

  1. Bangkitkan motivasi berkarya, mengabdi mentransfer ilmu lebih bermanfaat kemauan kuat.Semangat diri kita.Khairunnas Anfauhum linnas. setelah ini fantasyiru fil Ard bertebaranlah kalian di Muka Bumi.Untuk memberikan ilmu yang relevan / link and match.
  2. Tanmiyah tooqoh, kembangkan potensi, pengembangan potensi spiritual
  3. Flexible dalam menghadapi masalah bersinergilah dengan masyarakat
  4. Attakayyuf